Rabu, 28 Agustus 2013

KAMPUNG NAGA - CANDI CANGKUANG


KAMPUNG NAGA

Berlanjut dari trip Papandayan tempo hari itu, perjalanan di Garut bukan hanya ke Gunung Papandayan tapi masih berlanjut ke Kampung Naga. Baiklah sedikit perkenalan tentang Kampung Naga fyi letak kp Naga ini di tasik lho, bukan ada naga di situ tapi melainkan hanya sebuah nama dari sebuah desa.. info lebih lanjut mungkin bisa diakses dari http://disparbud.tasikmalayakab.go.id/index.php/pariwisata/sejarah-purbakala/kampung-naga

Start dari parkiran Papandayan sekitar jam 15.00, masih naek pick up yang tak perlu saya ulangi rasanya naek pick up dengan kontur jalan berbatu itu rasanya wow. Sampe di Kampung Naga sekitar jam 17.00. mba Ipey selaku ibunya anak-anak, langsung ngurus perijinan dan tempat tinggal. Kita tinggal kampung naga atas gw lupa nama pemilik rumahnya. Disitu qt bermalam, disediain makan malam juga dan yang paling gw inget adalah maen Ludo. Gw kalah mulu hahaha


 Tugu Kujang versi Kp Naga, ini tugu yang terletak dipintu masuk kawasan kp naga
hehehe sebagian teman Adverlicious nampang dulu ya..

Berhubung sudah malam, ya tidak ada aktifitas lain selain tidur, gw tidur di ruang tengah soalnya eike bawa SB,yang ga bawa SB tidur di kamar, beuh itu yang tidur dikamar 1 tempat tidur untung tempat tidurnya ga jebol hahaha

Pagi-pagi sekitar jam 6 pagi, qt diajak muter-muter di kampung naga bawah. Imajinasi saya kampung naga itu ya seperti kampung baduy eh ternyata ga begitu kenyataannya. Kampung naga jauh lebih modern dibanding Baduy.

Keliling kampung naga dimulai dengan menuruni tangga yang jumlahnya 360 anak tangga, dari situ kita bisa liat view pemantang sawah sodara-sodara. Ahh sadap adem dah nih mata. 


 Foto-foto di tangga kampung Naga


 view dari tangga atas
 Untuk keliling di kampung naga qt di pandu oleh seorang pemandu, dijelasin juga tentang kampung naga. Maaf tidak banyak saya jelaskan penjelasannya. Bukan ga mau cerita tapi rasanya ga seru kalo semua saya jabarkan disini.. datang lah kesana hahahaha




saya kasih liat Foto-foto di kampung naganya aja ya :)

Buat muter-muter di kampung naga ga lama, secara emang luas kampung naga ga terlalu luas. Sekitar 1 jam an buat keliling kampung naga. Selesai keliling balik kerumah tempat qt stay, mandi dan beberes. Seinget gw sekitar jam 9 pagi perjalanan berlanjut ke CANDI CANGKUANG

CANDI CANGKUANG
Jika diurut berarti ini destinasi ke 3 untuk trip garut, tapi perlu saya infokan letak destinasi candi cangkuang di leles. Jadi dari kampung naga qt sewa angkot. Seinget gw patungan buat angkot thu Rp. 11.000,- hahaha jangan kaget klo biaya trip garut-tasik ini murah.. nanti diakhir saya kasih biaya yang saya keluarkan untuk trip ini hahhaaha

Turun angkot qt masih harus naek Andong.. hahaha duh klo inget kezoliman kita sama si Andong/ delman jadi pengen ngakak.. gimana ga ngakak, Andongnya diisi 6 orang..

Posisi delman dinaiki 6 penumpang dan 1 pa Kusir hhahaaa
Sekitar 15-30 menit kita udah sampai di Cagar Budaya Candi Cangkuang, hohoohoo
Tempat apa sih candi cangkuang itu? Itu doang yang terlintas dipikiran gw. Hohoho fyi ternyata candi cangkuang itu candi yang letaknya di tengah-tengah danau. Jadi untuk ke candi itu qt harus naek rakit..ahay cihuy lho.. bayar nya Cuma Rp. 7.000,- 

 ini Pintu masuk Candi Cangkuang


ini lho Rakitnya hohooho

Dan tibalah qt di candi cangkuang, eh di sekitar candi cangkuang itu ada kampung Pulo lho.. duh apa lagi itu kampung pulo?? Baiklah saya jabarkan sedikit, info ini saya akses dari http://pariwisata.garutkab.go.id/index.php?mindex=daf_det_budaya&s_name=Pemukiman_Tradisional&id_det=149
Menurut cerita rakyat, masyarakat Kampung Pulo dulunya beragama Hindhu, lauli Embah Dalem Muhammad singgah di daerah ini karena ia terpaksa mundur karema mengalami kekalahan pada penyerangan terhadap Belanda. Karena kekalahan ini Embah Dalem Arif Muhammad tidak mau kembali ke Mataram karena malu dan takut pada Sultan agung. Beliau mulai menyebarkan agama Islam pada masyarakat kampong Pulo. Embah Dalem Arif Muhammad beserta kawan-kawannya menetap di daerah Cangkuang yaitu Kampung Pulo. Sampai beliau wafat dan dimakamkan di kampung Pulo.

Beliau meninggalkan 6 orang anak Wanita dan satu orang pria. Oleh karena itu, dikampung pulo terdapat 6 buah rumah adat yang berjejer saling berhadapan masing- masing 3 buah rumah dikiri dan dikanan ditambah dengan sebuah mesjid. Jumlah dari rumah tersebut tidak boleh ditambah atau dikurangi serta yang berdiam di rumah tersebut tidak boleh lebih dari 6 kepala keluarga. Jika seorang anak sudah dewasa kemudian menikah maka paling lambat 2 minggu setelah itu harus meninggalkan rumah dan harus keluar dari lingkungan keenam rumah tersebut. Walaupun 100 % masyarakat kampong Pulo beragama Islam tetapi mereka juga tetap melaksanakan sebagian upacara ritual hindhu.


Jalan sedikit dari kampung pulo maka Anda akan tiba di Candi cangkuang.. hahahaha FYI ini ada candi Cuma 1 ditengah-tengah taman dan yang antri buat foto itu akeh tenan.. trust me, pake antri lho fotonya.. 


 FOTO-FOTO DI CANDI CANGKUANG

Selesai foto-foto yasudah nikmatin es Kelapa dulu, dan disitu perhitungan Biaya trip selama 1 hari untuk Hiking ke Papandayan, Kampung Naga dan Candi Cangkuang.. detail rincian biayanya gw lupa pake banget tapi untuk total keseluruhan dari gw berangkat Depok-Lebak bulus – Garut – Gn. Papandayan – Kp Naga – Candi Cangkuang – Jakarta – Depok + makan, oleh-oleh, dll semua habis sekitar Rp. 300.000,- hahaha wow ga wow ga? Murce kan murce, yoihh dong kan jalan-jalannya sama temen-temen Adverlicious yang basicnya kumpulan Backpacker Indonesia yang klo jalan hobinya SHARE COST.

Jalan-jalan itu ga harus mahal, yang murah pun bisa dapet pengalaman yang WOW. Ga usah bangga ngeluarin biaya mahal untuk jalan-jalan, inget jalan-jalan itu posisinya kebutuhan tersier, dan jadi bahaya klo posisinya jadi kebutuhan sekunder *duh ngaca* dan lebih akut klo jd primer.. tidak ada salahnya sih jadi kebutuhan Primer asal semua sudah dipikirkan baik resiko dan keuntungannya..

akhirnya saya tiba di kampung rambutan sekitar jam 22.30 malam dijemput sama bapak saya, dan sampai rumah dengan selamat, sehat dan utuh.. hahahaha

0 komentar:

Posting Komentar