Rabu, 29 Mei 2013

Mt Pangrango 3019 mdpl


Lagi-lagi jalan ke gunung.. dan secara mendadak ajakanya langsung di iyain.. huft
Terjebak kembali!!! Begitu kira-kira judul yang cocok untuk pendakian Pangrango (24-25 Mei 2013)

Ajakan tebe waktu qt kumpul yang ngajak weekend ini nanjak pangrango secara cepat gw bilang iya, padahal kondisi gw saat itu baru sembuh dari sakit dan minggu berikutnya gw udah ada rencana trip ketempat lain. Cek simaksi via jalur cibodas ternyata sudah penuh, dengan enteng gw bilang “coba deh nanti gw hubungin temen yang jadi Green Ranger TNGP”. Berhubung waktunya udah mepet, akhirnya gw hubungan temen gw itu namanya Mas Anton. Dengan enteng lagi, Dy Cuma bilang yaudah siapin aja KTPnya. Singkat cerita simaksi gw japri ke Jeni dan eceu Jeni langsung merapat ke Base camp Green Ranger. 

Sempet di PHP juga karena simaksi belum jadi sampai hari keberangkatan, gw sebenernya tenang-tenang aja, secara emang ga niat-niat amat. Dan baru dapet info Simaksi oke sekitar jam 17.30 terus Jeni bilang simaksinya aneh, nama Citra, Ria, ama Tegal ga ada, gw hubungin mas Anton, dy bilang gpp asal jumlah pendaki sesuai dengan gender (info dari Jeni disimaksi tertera 3 ce, 4 co) okelah aman.

Iki sama Ben kerumah gw sekitar jam 23.00. Kita naek motor ke rumah Jeni di cianjur (basecamp 1). Begitu sampe langsung disapa tebe dan ditunjukin keanehan simaksi.. Pertama jumlah ce 2, co 5. Kedua naek via Putri turun Cibodas, Hahahahaha gw Cuma ketawa doang. Ya mikir simpelnya besok klo kenapa-kenapa ya tinggal ke Green Ranger hohohoohoo dan pagi pun menjelang jam 07.30 kita nunggu mas anton dulu di green ranger, kode gw ngasih tau dy gampang aja, baju pink, celana merah hahahaha

 yuhuuu TNGP coy

 
 3 srikandi minus uswa yang ga ikut ngesot bareng hahhaaa

Pendakian dimulai sekitar jam 08.00. Gw ga sadar klo posisi gw paling belakang secara yang daki via cibodas itu BANYAK. Gw ketemu temen-temen gw di jembatan kayu, soalnya sendang biru penuh. Gw bilang duluan aja tungguin gw di kandang badak. Trus ketemu temen-temen gw setelah shelter yang ada toiletnya, lupa gw namanya. Lagi-lagi gw bilang “gw meler, bakal lama, udah duluan aja” pas mereka berlalu gw lupa klo di tas gw cuma da air 500 ml plus roti.. yahelahhhh gw kudu irit minum, 

 si Ben cuma ngeliatin, bukannya bantuin gw..hahaha ini terakhir kali gw ketemu temen-temen gw, dan kemudian jalan sendiri..

Ga jauh setelah ketemu temen-temen gw, gw masih jalan sendirian make headset dan jalan nunduk. Eh kaki kiri kram.. buka sepatu dan mijit dulu.. sehat lgi thu kaki, jalan lagi dan kaki kanan yang kram.. ampun dah.. ampe ada pendaki yang bilang koq istirahat lagi mb. Kapan sampenya? *sial, ga tau apa kaki gw sakit* sekitar 20 menit kemudian kaki kiri gw sakitnya makin parah,, akhirnya gw istirahat agak lama. 3 kali kram sebelum kandang badak *derita banget* begitu sampe air panas minum gw tinggal 100 ml, sampe kandang batu gw minta minum aja ama cowo yang stok minumnya banyak.. gw penuhin lagi deh tempat minum gw..hohoohooo
 
Jalan terus sendirian ngikutin jalur dan akhirnya gw tiba jg di kandang badak,, langsung teriak-teriak ‘kaki gw cidera cuy’ begitu gw sampe kandang badak ternyata kang Ardi sama Iki udah mau lanjut ke Pangrango, astajim gw ngelurusin kaki aja belum. Tebe, Ria, jeni, Ben belakangan jalannya bareng gw. Gw sadar kaki gw udah ga beres jadi gw jalan ga mau cepet-cepet dan gw jalan dibelakang lagi.. agak jauh romannya, gw teriak 30 menit gw jauh tungguin gw. Yang nunggu Cuma si Ben, banyak rombongan pendaki yang juga bersusah payah kayak gw, tapi gw rasa hopeless lumayan nyita tenaga. Kesalahan besar klo qt naek gunung, saat hopeless mental otomatis menurun. Mental menurun, fisik pun menurun.  




Start 13.30 sampe mandalawangi 18.00 sesuai prediksi, kondisi track banyak pohon tumbang, jalur air, dan beberapa pendaki ngebantuin gw naek saking emang ga bisa buat naek sendiri. Kondisi diperberat dengan cuaca yang hujan. 

 Pangrango atau Gede???

 thu liat pohon tumbang, dan ini mah msih bisa diloncatin..banyak pohon yang susah diloncatin

Oiya selama perjalanan nanjak menuju puncak ada rombongan lain thu yang udah tracking dari jam 03.30, gw sempet ngobrol sama beberapa orang dari mereka, 30 menit sebelum puncak mereka pilih turun. Mereka bilang udah capek dan yang bawa tenda masih dibelakang. Dalam hati ya Allah kasihan banget. Tapi gw juga ga bisa berbuat apapun, secara gw juga ga tau letak Puncaknya, ga tau berapa lama lagi. Gw Cuma bisa minggir buat ngasih jalan ke mereka. 
 dan akhirnya sampe juga di tenda nan hangat ini,, langsung makannn hahahaa

01.00 ( 25 Mei 2013) 
pada ga bisa tidur akhirnya masak-masak hohohoo, menu dini hari mie rebus, nugget, sosis TEMPE (emak gw yang beliin) tempe jadi makanan mahal di ketinggian hahahhaaha. Beres makan kita keluar tenda, ajegile dingin banget tapi cuaca diatas sedang Purnama, Subhanaullah Indah banget. Keluar Cuma buat ambil foto hohoho Masuk tenda dan kembali tidur. 

 masak dini hari dan tenda kita paling berisik hahahaha

 Purnama diatas mandalawangi

 duet maut tenda Rei dan Consina hahahaa

 
beres foto-foto lanjut tidur hahahaha

 Jam 05.30 kita ke puncak Pangrango lagi mau liat sunrise, Alhamdulillah cuaca cerah tapi sayang ketutupan pohon. Emang sih menurut gw Pangrango itu indahnya ya Mandalawanginya. Take foto sebentar dan kita turun lagi ke Mandalawangi. 
 Puncak-puncak gunung dalam balutan awan

 Sunrise dari puncak 3019 mdpl

 nah ini dy puncak 3019 mdpl.. *kucel sekali sayahnya*

 hahahaha kang Ardi ngantuk kang?

 hahaha ekspresinya lucu

Sampe mandalawangi masak lagi deh kita, menu makan pagi lebih mewah dari makan malam.. menunya adalah Tempe, Sosis, Nugget, Sarden, Telor dadar..hahahhaaha di gunung semewah ini. Yoih kan? Hahahaha sembari masak, qt berjemur dimana aja, mandalawangi berasa barak pengungsian. PARAH. 

 Barak pengungsian kita hahhaaa

 yoihhh makan pagi termewah yang pernah ada di ketinggian hhaaa

 yuhuuu yang nitip rindu,, nh saya sampein

 puncak Salak 2 dan 3

damai banget thu puncak

 Sepatu sakti nan cihuy sementara waktu jadi kolam ikan hahaha


 sembari packing foto lagi hahhaa
 
mari pulang

Jam 10.00 cabut dari mandalawangi. Lagi-lagi posisi gw dibelakang. 30 menit pertama Ria sama Iki masih keliatan, eh lama-lama ga Nampak lagi. Yaudah lah gw sendiri lagi. Nah pas perjalanan turun itu gw ketemu lagi sama rombongan yang kemaren turun, ternyata mereka istirahat di jalur dengan terpal.. Astagfirullah kaget gw, ga kebayang dinginnya kayak apa. Ada mas-mas yang nyapa gw, nanya sampe puncak jam berapa, gw jawab jam 18.00, kata si mas itu cepet juga, gw jawab aja bukan cepet mas tapi emang udah deket. Sepanjang jalur ada 7 cowo anak-anak Bandung. Posisi mereka dibelakang gw, gw suruh duluan ga mau. Mereka sempet nanya sih kenapa sendirian, gw bilang aja temen-temen gw pendekar, gw ga sanggup nyeimbangin mereka.  Gpp koq kmrn dari cibodas ampe badak juga sendirian. Sepanjang jalan turun dari pangrango ke Badak gw bareng sama anak-anak Bandung itu total 2.5 jam.. lumayan lah itungan untuk pendaki yang kakinya cidera. Sumpah itu kaki kiri udah sakit.

12.30 sampe di Badak dan rame bgd. Beuh malesin banget deh. Gw turun dari kandang badak jam 13.00 kali ini gw minta ditemenin Jeni, secara gw sadar kondisi gw sangat tidak baik. Dan akhirnya ge jalan kepiting, kaki kiri harus turun duluan dibanding kaki kanan,secara sakit banget klo ditekuk. Menderita sekali sodara-sodara.. hkhkhkhk gw jalan nunduk, otak susah mikir karena capek kronis hahahaha berasa di PHP sama jalur turun, jalan datar aja gw ngerasa sakit...hkhkhkhhk


 
 foto dulu lah,,ternyata gw masih bisa senyum hahahaha

Di shelter sebelum jembatan kayu, gw ketemu temen yang kenal di twitter hahaha lagi-lagi gw dikenal via twitter.. gara-gara ngeliatin tragia dan ditawarin air panas malah jadi maen ledek-ledekan. Hahhahaha sampe di basecamp 17.30 dan ketemu si Kacuy hahahaa Cit..cit naek juga u hahahaa. Yailah gunung thu tempat reunian ternyata ahhahaaa.


-Kutitipkan salam Rindu untuk mu dari Lembah Kasih Mandalawangi, kunanti Rindumu disini-
-dari citno, untuk Semua Pecinta Indahnya Alam Indonesia-

2 komentar:

  1. turun gunung dapet pasangan baru nya ga di ceritain ceu? hahahha

    BalasHapus
  2. hahahahha mana mana pasangannya? hahhaa

    BalasHapus