Kamis, 11 April 2013

Trip Surabaya

"Long Trip" 22-25 Desember 2012
Jakarta - Surabaya - TN Baluran - Kawah Ijen - TN Meru Betiri - Suramadu - House Of Sampoerna - Jakarta

Pemberhentian Pertama : Taman Nasional baluran (Africa Van Java)

Taman Nasional ini terletak di ujung Banyuwangi. Perjalanan menuju TN ini dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau dengan kendaraan umum selama 7-8 Jam dari Surabaya. Arahnya mudah, tinggal kearah Banyuwangi trus menuju Ketapang. Begitu mendekati kawasan TN Baluran suasana “Hutan Kering” terasa banget. Di Pintu penjagaan Baluran, wisatawan dikenakan Retribusi Rp. 6.000,- untuk kendaraan dan Rp. 3.500,- untuk pengujung. Sebenernya disitu dikenakan biaya Wisata (kalo ga salah Rp. 100.000,-) tapi kita ga kena biaya itu gara-gara kita udah janjian sama Mas Ferdy ( Guide Baluran). Gw kenal Mas Ferdy dari temen kuliah gw si Setiawan. Temen-temennya Setiawan banyak yang kerja di Taman Nasional, kayaknya kalo mau berkunjung kesalah satu Taman Nasional wajib menghubungi dy deh.. *biar dapet gratisan* hahahhaa

Depan Gate Baluran

Dari Pintu masuk itu, untuk menuju savana Bekol masih 12 Km lagi. Kondisi kontur jalan yang sebagian besar RUSAK menyebabkan perjalanan agak lama. Sangat disayangkan padahal ini daerah Konservasi.
Dari Savana bekol, kita jalan untuk susur hutan. Gw kira kita kayak di safari gt, hewan-hewan banyak berkeliaran eh ternyata sepanjang perjalanan gw ga nemu 1 hewan pun. Tak apalah suasana dan view hutan lindunginya udah cukup. Dari situ kita menuju Pantai Bama, menurut Info dari salah satu rekan Backpacker,snorkeling di pantai bama itu bagus, lagi-lagi trip gw kejar-kejaran sama waktu, qt ga sempet buat sekedar nyoba snorkeling disitu.

FOTO-FOTO di Baluran dan Pantai Bama

PEMBERHENTIAN Kedua : Kawah Ijen

Berdasarkan itinerary setlah dari Baluran qt harus kejar sunrise plus Blue Fire di Ijen. Rencana awal, seharusnya untuk menuju Ijen lebih deket kalo lewat Banyuwangi. Tapi dapet informasi kalo jalan ke ketapang macet banget, akhirnya qt memilih jalur muter lewat Bondowoso.

Estimasi awal baluran-ijen sekitar 6-8 jam, jam 19.00 kita baru keluar dari Baluran qt belum ketemu “mandi sejak kemaren” akhirnya cari tempat istirahat yang banyak toiletnya. Hahahaha beres semua siap-siap jam 20.30 kita siap berangkat lagi. Gw semakin ketar-ketir secara waktunya molor kebangetan, tapi yaudah lah senyampenya aja. Diluar dugaan pa Supir bawa mobil ihhh WOW. Bagi yang sudah pernah ke Ijen via Bondowoso pasti tau dong tracknya.. kanan tebing, kiri jurang, kondisi jalan gelap.. berkali-kali gw teriak-teriak “Pa Awas, Astagfirullah, Ya ampun” hahahah jam 23.00 kita udah sampe di Ijen.

Begitu sampe Ijen, Rombongan disambut rekan Backpacker Jember, Mas Daniel.. hohoho makasih ya mas Daniel. Selain nungguin kita, mas Daniel juga nunggu rombongan dari backpacker Bandung.. dan ternyata BPI Bandung yang dy maksud itu yang berangkat bareng salah satu rombongan gw..hahahah

Jam 01.00 kita Start pendakian, dari Paltuding ke Kawah Ijen hanya 3 km, tapi Vertikal. Suhu gunung Ijen ga terlalu dingin tapi engap. Kandungan Sulfur yang menurut gw terlampau tinggi bikin kepala pusing. Berbahaya bisa menyebabkan pingsan. Sampe dikawah ijen ternyata banyak banget orang-orang disana.

nah buat ngeliat Blue Fire kita harus turun lagi, Astagfirullah jalan turunnya serem banget, kepeleset selangkah aja bisa lewat dah.. dan coba kalian bayangin, Penambang Belerang setiap hari pake track itu buat mencari nafkah.. Ya Allah miris banget,.
klo ini mah foto pa Dokter Irfan yang akting jadi penambang hahahaha

PEMBERHENTIAN KETIGA  TELUK HIJAU (TN MERU-BETIRI)

Dari Ijen kita langsung menuju Teluk Hijau, gw sempet ragu buat kesana secara letaknya jauh dan harus tracking lagi selama 1 jam.. kondisi fisik temen-temen yang udah mulai capek dan estimasi waktu yang meleset bikin gw mikir berkali-kali antara jadi atau ga ke sana. Sempet diskusi sama Mas Daniel masalah waktu, mas Daniel bilang sampe koq, udah kesana aja,,bagus deh.. beuhhh berasa dapet semangat ekstra. Okelah gw langsung hubungi Guide Teluk Hijau untuk minta dijemput di Pesangrahan. Untung qt pake guide secara jalannya membingungkan.. sampe di sana sekitar jam 12.00. lagi-lagi kita ga bayar retribusi, klo yang ini karena petugas di Meru Betirinya ga ada. Hohohoo

Tracking dimulai sekitar 12.30 bener aja, masuk hutan lagi,, oiya fyi untuk menuju teluk hijau kita harus melewati sebuah pantai,namanya pantai Batu (karena banyak Batu) letak Teluk Hijau itu dibelakang tebing setelah pantai Batu.. begitu sampe teluk Hijau.. Sumpahhh Amazing bgd, Subhanaullah Indah banget. Hidden Paradise Banyuwangi. Pasirnya yang lembut, Batu karang yang bagus, hamparan air berwarna hijau bersih. POKOKNYA INDAH BANGET.

Foto-foto Green Bay

Dari teluk Hijau, kita langsung balik ke Surabaya, salah satu temen harus balik ke Jakarta dengan kereta pagi di st Gubeng, ealah ternyata Doi bareng temen-temen dari BPI Bandung hahahaha

PEMBERHENTIAN SELANJUTNYA SURAMADU

Kita udah bikin janji ke HOS jam 08.00, nah waktu masih jam 06.00, kita masih punya 2 jam sebelum ke HOS. Pa Supir inisiatif, gimana kalo ke Suramadu? Gw Tanya temen-temen,mau ga kesana.. mereka sepakat mau ke sana.. yaudah karena waktunya masih cukup, kenapa ga kesana hhohoo
Terus terang itu pengalaman pertama gw melintas suramadu,,hahahaha Norak ya..

PEMBERHENTIAN SELANJUTNYA HOUSE OF SAMPOERNA
Ini salah satu wisata untuk lebih mengenal culture Surabaya, ada pilihan jalan-jalan dengan bis dari HOS semua gratis asal kita booking jauh-jauh hari, caranya bisa telepon atau booking via email. Jalan-jalan dengan bis HOS dengan tujuan pertama TUGU PAHLAWAN. Karena, qt tour kota dengan bis HOS jadi waktu harus bener-bener dibatasi dan dimanfaatkan. Berkali-kali gw bilang efesiensi foto hohohho
Untuk HOS sengaja gw ajak temen-temen ce pada pake ROK, setiap moment jalan sama gw kayaknya wajib ada dress codenya.hahahahaha

Kelar dari HOS 10.00, muter-muter cari makan dan oleh-oleh ampe siang. Jam 14.00 kita udah di stasiun pasar turi. Ajegile, banyak rombongan pendaki pada ngeliatin rombongan gw, kalian tau ga kenapa? Hahahaha

Gimana ga diliatin, rombongan gw yang sebagian besar perempuan trus kita-kita pake rok tapi tetep bawa daypack dan ada yang bawa keril..ckckckck sandal yang dipake sandal gunung hahahaha

Jam 04.30 kereta tiba di stasiun jatinegara, dan itu terakhir kalinya gw bareng sama daypack gw, dan setelah itu hilang entah dimana.hahahaa
ALHAMDULILLAH. Hikmah dari tas gw yang hilang adalah gw cuti trip dan skripsi gw kelar.

ITINERARY BALURAN-IJEN-MERU BETIRI

1.      SABTU, 22 DESEMBER 2012
10:30               : Kumpul di Stasiun Pasar Senen.
12:00               : Berangkat menuju Surabaya (Gubeng) menggunakan kereta Gaya Baru Malam (GBM).

2.     Minggu, 23 Desember 2012
02:40              : Tiba di Stasiun Surabaya Gubeng, bersih-bersih.
04:00               : Berangkat menuju Baluran
11:00                : Tiba di Baluran, ISOMA
13:00               : Eksplore Baluran (Savana, Snorkeling, Bird Watching Trail, Mangrove Trail, Sunset)
17:00               : ISOMA
18:00               : Perjalanan menuju Ijen
23:00              : Sampai di basecamp Paltuding, istirahat
3.     Senin, 24 Desember 2012
00:30               : Persiapan pendakian.
01:00               : Mulai pendakian

4.     Selasa, 25 Desember 2012
05:30              : Tiba di Surabaya
07:00              : Perjalanan menuju Jembatan Suramadu
08:00              : Sudah Tiba di Rumah Sampoerna (House of Sampoerna), tour dengan bis HOS (tugu Pahlawan< PTPN XII)
11:00               : Cari Oleh-oleh dan menuju Stasiun Ps Turi
15:05               : Perjalanan menuju Jakarta.

5.     Rabu, 26 Desember 2012
05:30              : Tiba di Jakarta.

ESTIMASI BUDGET TRIP BALURAN, IJEN, DAN GILI KETAPANG
(SHARE COST 14 ORANG)

1.      Sewa mobil 3 hari (@ Rp. 450.000,-)                 = Rp. 1.350.000,-
2.     Supir 3 hari (@ Rp. 200.000,-)                           = Rp.   600.000,-
3.     Makan supir + tips                                               = Rp.   250.000,-
4.     Tol + Parkir (suramadu)                                       = Rp.    100.000,-
5.     Bensin                                                                 = Rp.  700.000,-
6.     Tiket masuk Baluran:

TOTAL                         = Rp. 3.486,500-/14 orang
                                      = Rp.   250,000-
          (perkiraan awal)   = Rp.   270.000,-

Ada sisa uang yang akhirnya kita pake buat makan-makan hohohoo