Rabu, 03 April 2013

Trip Jogja, Pantai Gn. Kidul, Gn.Lawu (Negeri di Atas Awan)


Kamis, 16 Januari 2013
Lama banget rasanya ga ngerjain PR trip.. hihihiii yuks ahhh ngerjain PR dulu
Seperti biasa posisi pengerjaan “CURHAT” adalah disela-sela jam kantor *sstttsttt off the record please*
Lawu gunung yang terletak di ketinggian 3265 mdpl yang jadi topic curhatan gw kali ini…Pendakian gunung lawu itu Pas Idul Adha di tahun 2012. Berawal dari ajakan seorang sahabat yang secara bercanda ngajak nanjak thu gunung. Begini kira-kira isi bbm dy ke gw :
Tya : “ceu, mau nanjak Lawu ga?”
Gw : “kapan?”
Tya: “Hari Jumat pas Idul Adha, gmn?”
Gw: “Hayuk dah.”
Terus terang antara sadar dan tidak sadar gw bilang hayuk, knp? Karena pertama jelas NANJAK gunung buat gw itu sesuatu yang agak susah diperijinan,maklum guys  gw tetap mengutamakan ijin ortu tiap ngetrip, kedua ajakan nanjak lawu itu sekitar H-14 dari idul adha so keribetan kedua adalah TIKET. Okelah hari itu juga gw langsung urus perijinan gw, dan sumpah seneng bgd perijinan gw ga pake ribet lngsung dibolehin cuy, yaiyalah secara gw bilang mau sekalian mampir ke rumah mbah gw. Hihihihii
Next mari mencari tiket.. 121 ga tau deh udah berapa kali gw tlpn thu operator, semua tiket HABIS sodara-sodara… ada juga kelas kereta yg bisnis,eksekutif itu pun adanya di H-2 dari Idul Adha.. dan gw beli thu tiket BISNIS dengan harga sekitar 200 ribu *tumben biasanya juga ekonomi* keretanya berangkat dari PS Senen 19.35 WIB… (keberangkatan kereta akan sangat penting di cerita selanjutnya) hohohoho
H-7 boleh percaya atau tidak gw sama Tya sampe trial waktu keberangkatan cuy, gelo ga sih ga nanggung-nanggung sampe nyoba 2x bogor-senen hahhahaa dan kesimpulan dari trial perjalanan comuter line itu adalah ga keuber klo qt berangkat dari kantor jam 17.00…
Selain trial perjalanan, qt jg bela-belain lari pagi 2 minggu sebelumnya dengan intensitas tinggi…hahahah maklum lah qt newbie cuy buat urusan naek gunung..engap mulu,dan ga enak aja klo nanti pas nanjak malah nyusahin..dan setiap minggu pagi qt lari 1 jam,trus sarapan 2 jam sambil ngobrol-ngobrol ckckckckckckk *lamaan ngobrolnya* dan beberapa kali search tentang lawu plus nanya-nanya tracknya di twitter..dari situ ketemu beberapa temen di dunia maya yang mau ikut gabung.
Tibalah Hari keberangkatan qt menuju Jogja, gw memutuskan untuk cuti plus pulang lebih awal dari kantor, Tya memutuskan untuk Libur sekalian hahahhaa *off the record* sampe Stasiun Ps Senen jam 18.05 beuhhh keretanya aja belum dateng, hahhaa gpp secara kereta ga pernah nungguin penumpang gt. 19.50 keretanya baru jalan, sumpah gw shock liat kondisi kereta BISNIS seharga 200 ribu itu hahaha, ya ampun ga enak banget kursinya, panas pula, dan sialnya gw dpt duduk di tempat yang ga ada jendelanya..hkhkhkhkkhk sampe jogja otomatis telat cuy, hampir 1 jam telatnya. Kasihan sodara gw yang udah nungguin gw dari jam 4 subuh *cipok basah aja deh* dari stasiun qt berangkat kerumah sodara gw dulu, kemudian qt dianter kesekitar UGM buat ketemu Irfan (temen dunia maya yang pengen nanjak bareng). Hahahahahaha
Ketemu Irfan dan Adrian untuk pertama kalinya, masih kaku banget obrolan qt *klo kata Tya kayak kerah baju baru* ckckckck dimulai dengan obrolan standar banget, terkejut banget tenyata Adrian seharusnya jadi temen gw pas di SMAKBO *takdir qt baru ketemu karena Lawu*
Ketemu mereka langsung dong belanja dulu, hihiihi setelah itu qt lanjut perjalanan ke pantai-pantai di gunung kidul. Ajegile jauh juga ternyata lho dari jogja menuju gunung kidul, but surely nice coy.. banyak banget pantai di sana tp qt Cuma sempet main di 4 pantai. Sumpah rekomen banget itu pantai buat kalian jelajah. 



 
Balik dari Gunung Kidul target berikutnya adalah berkunjung ke rumah mbah gw, ini hukumnya WAJIB hahahahhahaa. Perjalanan menuju rumah mbah gw itu beneran SESUATU banget,ckckckkck. Siang sebelum berangkat ke gunung kidul, gw udah bilang sama Irfan, “Rumah mbah gw jauh” dy bilang ga 1 jam juga sampe,, gw yang ga pernah ke rumah mbah sendirian ya woles aja. Cuma berbekal info dari bokap setelah Terminal Penggung harus ke daerah WATU KELIR. Hahahahaha
Jam 19.00 qt berangkat dari kostan Irfan, ajegile gw disuruh gendong carrier irfan yang gedenya ga normal ckckckkk. Udah gt pas dijalan harus balik lagi gara-gara BAKPIA, gw dibonceng Irfan, Tya sama Adrian qt misah coba cuy, HP,dompet gw sama Irfan dititipin Tya coy..etdahh ampun malam itu parah banget untung ketemu mereka di Terminal Penggung. Huft satu kekhawatiran hilang, dan berganti kegelisahan karena ga tau alamat rumah mbah gw hkhkhkhkk. Adrian beraksi guys, urusan nanya alamat dy yang turun, sumpah gw udah ga bisa mikir, lebih tepatnya pasrah..hkhkhkkk lanjut perjalanan sesuai info dari masyarakat sekitar dan ada kejadian HELM gw lepas coba, deg dalam hati ini kenapa sih koq hambatannya banyak banget.. akhirnya sampe juga dirumah mbah gw sebelum jam 24.00 Alhamdulillah.
Adrian sama Irfan balik ke Delanggu sebelum subuh, gw sama Tya stay dirumah mbah gw buat solat Ied. Ada yang lucu waktu siap-siap pergi solat, qt yang masih rapi-rapi dikamar samar-samar denger suara takbir dari masjid sebelah..nah lho 05.30 udah mulai solatnya,alhasil gw ama Tya cuma ngakak doang di kamar *qt ga solat IED* ya Allah ampuni Kami *Amin*
Perjalanan berlanjut menuju Solo guys, lancar jaya sampe rumah Rezha, jam 11.00 gw inget banget itu. Gw kira qt langsung jalan lagi ke Tawangmangu ternyata tidak sodara-sodara, kita masih nunggu beberapa rekan lagi dari Jakarta. Gw panik coy, secara semakin lama berangkat semakin lama turun juga, tapi tiket pulang gw dari Solo menuju Jakarta ga bakal bisa mundur. Huft.
Oiya ada sedikit info akomodasi untuk menuju base camp lawu baik lewat cemoro kandang atau via cemoro sewu. Kalau posisi Anda di stasiun Solo Jebres, biasanya ada angkutan sejenis elf yang bisa di sewa tapi usahakan lebih dari 10 orang, per orang harus bayar 25 ribu. Elf itu dari solo langsung menuju base camp. Tapi kalau niat ngeteng, berarti dari stasiun solo jebres harus ke terminal solo dlu, menurut info yang gw dapet, letak stasiun sama terminal ga terlalu jauh, jadi bisa jalan kaki. Dari terminal solo naik bis solo-tawangmanggu Rp. 7000,- detailnya ada di bahasan selanjutnya.
Qt capcus dari rumah Rezha 14.00 dan baru dapet bis sekitar 15.30 dan sampai tawangmanggu 17.00. Di terminal Tawangmangu ada Renly yang udah nunggu kurang lebih dari 5 jam sodara-sodara..hahahahaha itu awal pertemuan gw ama c Renly. Langsung dah dy riweuh nyebut-nyebut “:5 jam Ty, gw nungguin u dari tadi” sambil nyengir hahahaha
Sampe di pos cemoro sewu, makan bakso pentol dulu cuy..Rp. 5000,- saja. Berhubung lapar dan dingin soal rasa jangan ditanya ya :D. Tepat jam 19.00 pendakian dimulai, rencana awal, Irfan, Adrian, Jeff dan Amin mau gabung bareng qt tapi berhubung kita ngaret kelamaan alhasil mereka nanjak duluan. Base camp sampe pos 1, 2, 3 aman. Engap mah tetap tapi lumayan cepet karena jalan stabil, sampe pos 3 jam 21.00 dan kita ketemu Irfan dan Adrian. Alhamdulillah ketemu jaket gw hahahaha (akibat bawa daypack, jaket sama matras gw titipin sama Irfan).
Lanjut pos 3, pos 4, akhirnya pos 5 sempet nyasar di pos 5, tapi ada pendaki yang ngasih tau klo jalannya salah. Qt udah capek, kedinginan, dan kelaperan. Untung di tas ada cemilan, ngegadoin mie cuy sama nata de coco hahahaha *laper apa jg disikat* sampe warung mbok Yem jam 00.30. sumpah gw laper banget tapi orang-orang ga ada yang makan, malah pada sibuk ngeluarin SB dan cari posisi buat tidur Zzzzz yaudin mau ga mau gw ikutan cari posisi tidur abis dingin banget sih.
Jam 04.00 gw udah bangun dan langsung ditembak ama pertanyaan, “Kenapa u, koq tidurnya ngelindur kayak kesakitan?” nah lho mana gw sadar namanya juga orang tidur.. (nanti setelah sampe Cemoro Kandang, gw ceritain masalah ngelindur itu) hohohoho. Renly, Irfan, Adrian lagi masak-masak gw sama tya baru bangun langsung dikasih teh manis sama mie rebus hahahahaaha *yang Ce thu gw ama Tya apa thu orang ber 3 sih?* hahahaha. Jam 04.30, Irfan iseng buka pintu warung mbok Yem “woy, keren banget sunrisenya” beuhhhh bener aja pas liat sunrisenya nice banget.. Subhanaullah, keren
 
Jam 05.30 qt nanjak lagi ke Puncak Hargo Dumilah, nah ini dia Tugu yang terkenal di Lawu. Jepret-jepret *pasang senyum dan pamer gigi* hahahhaa. Subhanaullah indah banget di atas 3265 mdpl. Lautan awan, birunya cakrawala, terpaan anginnya, senyum-senyum penuh keceriaan, kibaran bendera merah putih Ya Allah,terima kasih atas indahnya milikMu dan hamba bersyukur bisa menikmati indahnya Karunia Mu bersama mereka.





Jam 08.00 makan nasi pecel di mbok Yem, enak guys, murah juga cuma Rp. 7000,- udah pake telor dan teh manis. Hohohhoo beres makan jam 09.00 kita capcus via cemoro kandang.. ajegile gw rasa perjalanan turun lebih melelahkan dan butuh konsentrasi tinggi sodara-sodara.. ngesot style judulnya. Hahahaha


Sepanjang jalan turun gw selalu dibelakang, tanpa sadar ternyata gw paling belakang. Temen dari Solo ada yang cidera alhasil mereka jalan santai. Renly, Adrian dan Irfan jalan duluan, gw ama Tya doang didampingi mas Nyonyo dan Mas Kethek..hohohoo (lucu ya namanya hahaha). Qt emang jalan agak cepat karena tiket kereta qt menuju Jakarta 18.30. Sepanjang jalan turun semua normal, sampai di cemoro kandang jam 14.00. Naik via cemoro sewu ( Jawa timur ) dan turun via cemoro Kandang ( Jawa Tengah). Lagi asik foto-foto dipinggir jalan, eh ada Adrian sama Irfan naik motor dan ga lama muncul Renly sambil cengar-cengir.
Citra : “ Dari mana u? “
Renly : “ Tadi nyasar gw, gila tadi ketemu 2 orang serem banget.”
Obrolan ke pending dan berlanjut di rumah makan,
Renly: “iya, masa tadi pas kita nyasar kita ketemu 2 orang, gila mukanya ngeri.”
Citra: “masa sih? Serem kenapa?”
Renly : “pokoknya serem, pake acara minta minum juga. Qt ajak bareng mereka ga mau. Terus mereka mau balik lagi ke atas.”
Rame-rame cuma ngebatin, gelo x ya mau balik lagi. Dan mukanya Adrian sumpah lusuh banget kayak duit seribuan lecek..ckckckckk Selanjutnya Irfan yang ngobrol sama gw.
Irfan: “Cit, beneran semalem ga mimpi apa-apa? U ngelindur kayak orang disakitin lho. Trus mbak-mbak disamping u jg thu.”
Citra: “beneran ga thu, emang kenapa sih?”
Irfan : “gpp sih, cuma pas u tidur antara u sama mb Tore ada yang ngeliatin, gede banget Cit”
Citra : “serius u, tp gw ga ngapa-ngapain deh.”
Irfan : “yaudah gpp, mungkin itu cuma penunggu di warung mbok Yem”

Dalam hati mah gw ketar-ketir cuy, astagfirullah ada-ada aja deh. Alhamdulillah ga ada yang kenapa-kenapa. Qt makan pake soto ayam terus pamitan sama temen-temen solo. Irfan, Adrian, Renly naek motor menuju Jogja, gw sama Tya menuju Solo untuk pulang ke Jakarta. Pertemuan singkat yang cukup berkesan untuk gw. Terima Kasih Kau telah pertemukan saya dengan mereka. Lawu punya cerita tentang kita. Sejujurnya saya rindu bertemu mereka. Teman perjalanan yang asik itu banyak tapi entah kenapa saya merasa cocok dengan mereka. Semoga tali silahturahmi kami tetap terjaga sampai kapan pun.


2 komentar:

  1. Wah ngeri nya ada horornya jg >__<

    BalasHapus
  2. hahaha disana emang terkenal horor..cm gpp koq...

    BalasHapus